Sabtu, 23 Januari 2010

Taukah Anda Fungsi penting kulit….

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan melayani banyak fungsi penting dari tubuh.

Cermin Kesehatan

Kulit bisa menjadi petunjuk apa yang terjadi didalam tubuh kita. “kelihatan sedikit pucat”, “kelihatan sehat”, “bercahaya”, atau “tampak segar”, semuanya adalah ungkapan yang umum untuk menggambarkan kesehatan melalui penglihatan pada kulit.

Jika kulit mencerminkan apa yng terjadi di dalam, area dagu mencerminkan apa yang terjadi di area lambung dan usus. Dengan kata lain area ini mencerminkan pola makan kita dan apa yang kita makan. Kita semua pernah punya jerawat atau bintik yang mengesalkan di dagu, dan kalau diingat-ingat , biasanya jerawat ini berkaitan dengan suatu periode makan atau minum yang tidak sehat!

Jika kita berada didalam keadaan stress, kulit kita tampak letih dan pucat. Jika kita sakit, kulit kehilangan warnanya. Jika kita sakit parah, warna kulit menjadi kuning (jaundice), bisul atau borok yang berair hanyalah beberapa contoh ekstrem dari apa yang bisa terjadi.

Sekresi/pembuangan

Sebagai organ pembuangan, fungsi kulit tidak sepenting hati dan ginjal, tetapi kulit mengeluarkan sejumlah besar produk sisa, yaitu air, garam, asam urat, ammonia dan urea. Kulit seperti saringan besar , yang baik akan tinggal di dalam sedangkan sampah sisa dikeluarkan. Jika hati dan ginjal bekerja terlalu keras atau tidak bekerja secara efisien akibatnya muncul sebagai keluhan pada kulit, misalnya eksem. Hal ini terjadi karena kulit harus mengurus lebih banyak sampah daripada biasanya.

Proteksi/perlindungan

Kulit melindungi tubuh dalam berbagai cara. Kulit membentuk halangan fisik terhadap benda asing. Kulit menghasilkan sekresi asam yang membunuh mikroorganisme yang berbahaya. Karena sifatnya yang semi permeable, kulit mengatur apa yang boleh masuk dan keluar tubuh. Kulit juga mencegah penguapan air tubuh yang berlebihan supaya tidak terjadi dehidrasi.

Mengatur suhu tubuh

Kulit berfungsi mengatur suhu tubuh. Jika kita kepanasan karena olahraga atau karena kita berada di lingkungan yang panas, tubuh akan memproduksi keringat yang membuat tubuh dan kulit menjadi dingin ketika keringat menguap dari permukaan kulit. Jika kedinginan, pembuluh darah kita akan mengembang sehingga mengurangi aliran darah pada permukaan kulit. Dengan demikian panas tubuh tidak akan begitu terpengaruh oleh lingkungan yang dingin.

Tanda-tanda peringatan

Kulit berfungsi pula sebagai alarm. Jika kita menyentuk sesuatu yang terlalu panas atau dingin, kulit mengirim pesan kepada otak untuk menarik anggota badan atau melakukan tindakan yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar